Hello Guest! Welcome to our Website.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Minggu, 16 Mei 2010

TEKNIK FRAIS

TEKNIK FRAIS
Mesin Frais atau Milling Machine adalah suatu alat yang digunakan untuk mengambil tatal-tatal dari benda kerja dengan menggunakan alat potong yang berupa cutter/pisau yang berputar dan mempunyai banyak sisi potong. Namun tidak menutup kemungkinan hanya menggunakan sisi potong tunggal.
Gerakan-gerakan dalam Milling, antara lain : Gerakan berputar pada spindle sumbu utama, Gerakan pengikatan, gerakan pemakanan dan gerakan penyayatan.
Karena menggunakan gerakan utama berputar, maka untuk mencari kecepatan putaran mesin sama dengan mencari putaran mesin pada mesin bubut yakni : Vc (cutting Speed (satuan dalam m/menit)) = [phi x D (diameter cutter pada frais/BK pada bubut( satuan dalam mm)) x n (putaran mesin dalam rpm atau 1/menit)]/1000.

Jenis roda gigi starter pinion adalah:

a. Jenis Ratchet
Pada jenis ini roda gigi starter pinion selalu saling berhubungan (constant mesh) dan bebas berputar bersama dengan roda gigi starter pada poros konter, apabila pedal kick starter ditekan maka ratchet (roda pawl) akan bergeser ke arah roda gigi pinion dan merapat.

Akibatnya tenaga putaran poros starter disalurkan melalui ratchet ke roda gigi starter pinion untuk menggerakkan roda gigi starter pada poros engkol. Bergesernya ratchet saat poros starter berputar adalah akibat dari jalur-jalur pada poros yang berbentuk "helical".

Ratchet adalah suatu alat yang bergigi dan berpasangan dimana apabila saling bersentuhan, meneruskan pergerakkanya ke arah perputaran tertentu, dan tidak meneruskan pergerakkanya ke arah perputaran yang
berlawanan dengannya.



b. Jenis slide pinion
Pada jenis ini rode gigi pinion dalam keadaan bebas tidak saling bersemuhan dengan roda gigi starter pada poros konter, saat pedal kick starter ditekan, roda gigi pinion akan bergeser dan akan saling berhubungan dengan roda gigi starter pada poros konter

0 komentar:

Posting Komentar


 

Followers